Spesialisasi dalam Bidang-bidang Akuntansi


Ada beberapa spesialisasi atau bidang-bidang akuntansi antara lain:
1.      Akuntansi Keuangan : bidang ini berhubungan dengan masalah pencatatan transaksi untuk suatu perusahaan atau organisasi dan penyusunan berbagai laporan keuangan berkala dari hasil pencatatan.
2.      Akuntansi Biaya : bidang akuntansi yang menekankanpada penentuan dan pengendalian biaya selama proses produksi dan harga pokok dari barang yang selesai diproduksi.

3.      Akuntansi Manajemen : menggunakan biaya histori taksiran guna membantu manajemen didalam menjalankan kegiatan dan perencanaan
4.      Akuntansi Perpajakan : menekankan pada penyusunan laporan keuangan berdasarkan peraturan perpajakan dan perencanaan transaksi dengan mempertimbangkan efek pembayaran pajak (perncanaan perpajakan atau tax planning).
5.      Sistem Akuntansi : bidang yang menyangkut masalah perancangan prosedur, metode, dan teknik untuk mencatat dan mengolah transaksi perusahaan.
6.      Akuntansi pemerintahan : bidang akuntansi yang menekankan pada pencatatan dan pelaporan transaksi dari lembaga pemerintah dengan peraturan yang mengikat lembaga-lembaga tersebut.

0 Response to "Spesialisasi dalam Bidang-bidang Akuntansi"

Posting Komentar