Belajar dan Pendekatan Pembelajaran
Ketekia
kita mempelajari tentang pendekatan dalam suatu pembelajaran, kita harus
mengetahui apa itu belajar? Maka dari itu kita haru mengetahui apa arti dari
belajar.
Belajar
adalah suatu proses perkembangan yang di ciptakan oleh diri sendiri yang
bertujuan untuk mengembangkan potensi pada diri yang berdampak pada perubahan
sifat dan perilaku tertentu. Sedangkan Menurut Thursan Hakim, Belajar Secara Efektif ( 2005)
belajar
adalah suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan
tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah
laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman,
keterampilan, daya pikir, dan lain-lain kemampuan.
Belajar
menurut para ahli antara lain:
1.
Menurut Margaret
Gredler, 1994.
Belajar adalah proses orang memperoleh
berbagai kecakapan, keterampilan, dan sikap. Sehingga peserta didik dapat mengetahui
hal-hal yang baru dan dapat meningkatkan pengetahuan yang dimilikinya, mengubah
dari tidak tahu menjadi tahu, dari yang salah menjadi benar, dan dari kurang
baik menjadi baik.
2.
Menurut Riberu, 1982.
Belajar merupakan proses dan dalam
proses ini orang berkenalan dengan salah satu pola lajkuatau memperbaiki salah
satu pola laku yang telah dikuasainya. Belajar bisa berarti berkenalan dengan
atau memperbaiki pemikiran, berkenalan dengan atau memperbaiki turturan bicara,
berkenalan dengan atau memperbaiki tindakan/kegiatan.
3.
Menurut Skinner,
1985.
Belajar merupakan hubungan antara
stimulus dan respons yang tercipta melalui proses tingkah laku yang bersifat
progresif.
4.
Menurut Thursan
Hakim.
Belajar adalah suatu proses perubahan
di dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk
peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan,
pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir, dan
lain-lain kemampuan.
5.
Menurut Hilgarde
dan Bower.
Mengemukakan belajar berhubungan dengan
perubahan tingkah laku seseorang terhadap sesuatu situasi tertentu yang
disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam situasi itu, dimana
perubahan tingkah laku itu tidak dapat dijelaskan atau dasar kecenderungan
respons pembawaan, pematangan atau keadaan-keadaan sesaat seseorang misalnya
kelelahan, pengaruh obat, dan sebagainya.
1. Pengertian Pendekatan Pembelajaran
Pengertian
pendekatan pembelajaran menurut beberapa ahli :
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiXSsLp_5fsEPIH5Stbs5EIoA4_JjNukqBv1hhHD-94-jsBPRAFc8UGgNwsuRNz1FaPwJx1f5KYmuS2Azxr_p6VffffE3PNiutRPJcOen41mMSqPKaMwkz8BB2uBkND1CcoAkKsAwEVFBby/s1600/siswa.jpg)
b.
Menurut Suyono dan
Hariyanto(2011:18), pendekatan
pembelajaran merupakan suatu himpunan asumsi yang saling berhubungan dan
terkait dengan sifat pembelajaran. Suatu pendekatan bersifat aksiomatik dan
menggambarkan sifat-sifat dan ciri khas suatu pokok bahasan yang diajarkan.
Dalam pengerlian pendekatan pembelajaran tergambarkan latar psikologis dan
latar pedagogis dari pilihan metode pembelajaran yang akan digunakan dan
diterapkan oleh gum bersama siswa.
0 Response to "Pengertian Belajar dan Pendekatan Pembelajaran"
Posting Komentar